animasi-bergerak-agama-religi-0150 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Tuesday, April 3, 2012

Perhiasan abadi

                         " pada setiap sesuatu ada perhiasan yang hakiki dan sebaik-baiknya                                         perhiasan manusia adalah kesempurnaan adab"

Di dunia ini,segala sesuatu pasti memiliki fitrah perhiasan.Begitu pula pada manusia.
Setiap individu pasti memiliki perhiasan.Tapi sebaik-baiknya perhiasan adalah manusia kesempurnaan adap (kesopanan) dan akhlak,atau sifat-sifat yang terpuji dan mulia.
Dalam penciptaan alam semesta, Allah SWT telah memberi aneka perhiasan pada masing-masing makhluk-nya. Langit terlihat indah dengan kilau bintangnya saat malam menjelang,lautan begitu indah berkat desiran ombak biru dan warna satwa di dalamnya,gunung pun indah di kelilingi awan putih, tanah juga menjadi indah lantaran hamparan sawah dan tetumbuhan nan hijau.
Itulah fitrah makhluk.Dan manusia menjadi makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dengan fitrah keindahan,yang membuatnya mulia dan terhormat di hadapan manusia lain.
Menurut kahlil Gibran,keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwa.
Sementara menurut filosof jerman Baumgarten,keindahaan adalah kesempurnaan yang ada pada alam.Keseimbangan,kesimpulannya,keindahan adalah segala sesuatu yang menarik jiwa dan sempurna secara alami.
Lalu,apakah harta benda adalah perhiasan yang sesungguhnya bagi manusia? apakah indahnya wajah,kehormatan status sosial,atau kejeniusan otak adalah perhiasanya? bukan!
Harta tak akan membuat manusia mulia.Ia bisa datang dan pergi dalam sekejap.
Saat kita memilikinya,mungkin orang lain akan memuliakan dan menghormati kita,jika habis?
Indahnya rupa juga sementara,yang terjadi di saat usia mudah saja.Seiring bertambahnya usia,keelokan rupa manusiawi akan pudar.Lantas,mungkinkankah orang akan terus memuliakan kita karena keindahan rupa untuk selamanya ?
Begitu pula perhiasan status sosial.Ketika kita di percaya menjadi abdi/pejabat pemerintahaan,selayaknya masyarakat akan menghormati.
Tapi,jika masa jabatan atau status terhormat itu berakhir,bisa jadi selesai pula penghormatan masyarakat kepada kita.
Senada dengan itu,kejeniusan otak yang sangat sering di kagumi banyak orang,tentu akan membuat pemiliknya sangat di hargai dan di hormati.
Tapi bagaimana jika kejeniusan itu justru di gunakan untuk hal-hal negatif  yang merusak tatanan masyarakat,seperti menipu,memanipulasi data,membobol rahasia negara dan sebagainya? pasti kejeniusan itu akan menghinakan dan di benci masyarakat.
Maka tak ada perhiasan diri yang lebih indah dari pada adab.
( Likulli syai'in zinatun fil-wara, wa zinatul-mar'i tamamul-adab)
Pada setiap sesuatu ada perhiasan yang hakiki dan fitrah,dan sebaik-baiknya perhiasan adalah kesempurnaan adab.
Agar hidup menjadi sempurna,benar-benar mulia dan di hormati,marilah meneladani adab sopan santun dan akhlak mulia rasulullah SAW .
Allah berfirman  dalam surat (al-Qalam ayat 68: 5) 
 

Artinya "Sesungguhnya engkau benar2 memiliki akhlak luhur

No comments: