animasi-bergerak-agama-religi-0150 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Wednesday, October 15, 2014

8 Periode Gejala Virus Ebola yang harus Diketahui

 Amerika Serikat pertama kali didiagnosis terjangkit virus ebola ketika seorang pasien di Dallas tiba dari Liberia. Para ilmuwan pun memprediksi peluang menyebarnya virus ebola ke Prancis dan Inggris pada Oktober ini.

Ada beberapa periode terkait virus ebola yang harus kita ketahui untuk memahami mereka yang terpapar virus ini:

 

 

1. Masa inkubasi ebola
Waktu antara paparan virus ebola dan ketika gejala mulai datang. Masa inkubasi virus ebola adalah dua hingga 21 hari sejak terpapar.

2. Gejala ebola

Seorang pasien yang terpapar ebola mengalami gejala berupa demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, muntah, dan diare.

3. Menular

Orang dengan kecenderungan virus ebola dalam darah mereka hanya menular ketika menunjukkan gejala-gejala di atas. Virus ini tidak dapat ditularkan sebelum seseorang mengalami gejala itu. Artinya, orang-orang di pesawat yang sama dengan pasien di Dallas yang didiagnosis terkena virus ebola, Thomas Eric Duncan, tidak dapat terpapar virus itu darinya karena belum menunjukkan gejala.

4. RO

Juga disebut R-nol, mengacu pada perkiraan jumlah reproduksi untuk penyakit menular. Sederhananya, formula untuk memprediksi bagaimana virus ebola menular. NPR memiliki grafis untuk menujukkan bahwa ebola memasuki tahap R0 dari 2, artinya jumlah kemungkinan orang terinfeksi dari satu pasien. Campak atau cacar, dengan perbandingan, memasuki tahap R0 18. Ini relatif sulit menunjukkan pada penyebaran ebola.

5. Pelacakan kontak

Ini melibatkan proses yang melelahkan untuk melacak siapapun pasien yang mungkin terkena ebola. Ini membutuhkan pelatihan petugas kesehatan masyarakat yang mengajukan serangkaian pertanyaan tentang di mana pasien berada, dan berapa banyak orang yang mungkin berinteraksi dengannya, baik tatap muka atau di kamar atau lainnya. Di Afrika Barat, ini sedang dilakukan oleh para relawan lokal yang dilatih oleh para ahli kesehatan masyarakat.

6. Kontak langsung

Temasuk orang-orang yang paling dekat yang berhubungan dengan pasien, anggota keluarga, dan teman-teman. Orang-orang ini yang paling mungkin kontak dengan cairan tubuh pasien karena mewakili kelompok yang paling mungkin terkena ebola dan berisiko tinggi terserang penyakit itu.

7. Kontak tidak langsung

Kelompok ini mencakup orang-orang yang mungkin memiliki kontak dengan pasien tapi dengan cara tidak langsung. Misalnya di tempat kerja atau sekolah. Mereka yang mencakup kontak tidak langsung berisiko lebih rendah dari yang telah terkena cairan tubuh pasien ebola.

8. Karantina

Sebuah tatanan hukum untuk orang-orang yang berpotensi terinfeksi ebola. Mereka tidak boleh meninggalkan ruang perawatan atau melakukan kontak dengan penduduk lainnya. Maksimal empat anggota keluarga pasien ebola boleh berada dalam karantina dengan seorang pejabat penegak hukum berada di luar rumah mereka. (Time)

No comments: