animasi-bergerak-agama-religi-0150 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Friday, December 7, 2012

Daftar 16 klub yang lolos babak 16 besar Liga Champions Eropa 2012/2013


Sebanyak 16 klub Eropa telah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dari babak penyisihan grup, pimpinan grup dan runner up grup akan melaju ke babak 16 besar yaitu:

Grup A: PSG, Porto
Grup B: Schalke, Arsenal
Grup C: Malaga, AC Milan
Grup D: Borussia Dortmund, Real Madrid
Grup E: Juventus, Shakhtar Donetsk
Grup F: Bayern Munchen, Valencia
Grup G: Barcelona, Celtic
Grup H: Manchester United, Galatasaray

Klub yang berada di posisi ke-3 grup akan mendapatkan tiket ke Liga Europa. Berikut klub yang mendapatkan tiket ke Liga Europa:
Dynamo Kyiv, Olympiakos, Zenit St. Petersburg, Ajax Amsterdam, Chelsea, BATE Borisov, Benfica, CFR Cluj

Sedangkan yang menempati posisi paling buncit grup telah tereliminasi dari kompetisi antarklub Eropa. Salah satu klub yang tereliminasi yaitu Manchester City. Manchester City mengakhiri Grup D di urutan paling buncit dengan hanya mendapatkan tiga poin tanpa sekalipun kemenangan. Manchester City telah gagal total di Liga Champions musim ini, dengan hanya mampu meraih tiga angka dari enam pertandingan, dengan tak sekalipun menang. Manchester City juga gagal meraih tiket ke Liga Europa.

Sementara itu, Chelsea telah menorehkan sejarah buruk sepanjang sejarah Liga Champions. Chelsea menjadi tim juara bertahan pertama yang tersingkir di fase grup sepanjang sejarah Liga Champions. Walaupun begitu Chelsea masih akan mengikuti Liga Europa karena berada di posisi ke-3  Grup E Liga Champions.


Dengan hasil ini maka pada Liga Champions musim ini, Liga Inggris hanya mengirim 2 wakilnya yaitu Manchester United dan Arsenal. Klub La Liga Spanyol menjadi yang paling banyak mengirim wakilnya di babak 16 besar Liga Champions. La Liga Spanyol mengirimkan Barcelona, Real Madrid, Valencia, dan Malaga. Bundesliga Jerman juga mampu mengirimkan seluruh kandidatnya: Bayern Munich, Schalke, dan Borussia Dortmund.  Serie A Italia mengirim wakilnya Juventus dan AC Milan.

Sedangkan liga lainnya hanya mengirim satu wakilnya ke babak 16 besar Liga Champions yaitu FC Porto (Portugal), Paris Saint-Germain (Prancis), Galatasaray (Turki), Shakhtar Donetsk (Ukraina), dan Celtic (Skotlandia).

Pengundian babak knock-out Liga Champions dan Liga Europa akan dilangsungkan pada 20 Desember mendatang. Pertemuan (leg) pertama dijadwalkan pada 12-20 Februari 2013. 
                                                         Jadwal 16 Besar Liga Champions
 12 Februari 2013
Glasgow Celtic vs Juventus
Valencia vs Paris Saint Germain

13 Februari 2013
Shakhtar Donetsk vs Borussia Dortmund
Real Madrid vs Manchester United

19 Februari 2013
FC Porto vs Malaga
Arsenal vs Bayern Muenchen

20 Februari 2013
Galatasaray vs Schalke 04
AC Milan vs Barcelona

                                               
leg kedua(2)
 
5 Maret 2013
Manchester United vs Real Madrid
Borussia Dortmund vs Shakhtar Donetsk

6 Maret 2013
Paris Saint Germain vs Valencia
Juventus vs Celtic

12 Maret 2013
Schalke 04 vs Galatasaray
Barcelona vs AC Milan

13 Maret 2013
Malaga vs FC Porto
Bayern Munich vs Arsenal

No comments: