animasi-bergerak-agama-religi-0150 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Monday, July 16, 2012

RAHASIA PUASA

Sebagai muslim yang sejati, kedatangan dan kehadiran bulan suci ramadhan yang mulia pada tahun ini merupakan sesuatu yang amat membahagiakan kita, betapa tidak, dengan menunaikan ibadah ramadhan, amat banyak keuntungan yang akan kita peroleh baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.
Disnilah letak pentingnya bagi kita untuk membuka tabir rahasia puasa sebagai salah satu bagian terpentingan dari ibadah ramadhan.
Dr.yusuf Qardhawi dalam kitabnya dalam ibadah fil islam mengungkapkanya ada lima (5) rahasia puasa yang bisa kita  
             buka untuk selanjutnya bisa kita rasa kenikmatannya dalam ibadah ramadhan yaitu:
1. Menguatkan jiwa
    Dalam hidup, tak sedikit kita dapati manusia yang didominasi oleh hawa nafsunya, lalu manusia manusia itu menuruti apapun yang ingin menjadi keinginannya meskipun keinginan itu merupakan sesuatu yang bathil dan menganggu serta merugikan orang lain.
Karenanya, dalam islam ada perintah untuk memerangi hawa nafsu dalam arti berusaha untuk bisa mengendalikannya, bukan membunuh nafsu yang membuat kita tidak mempunyai keinginan terhadap sesuatu yang bersifat duniawi, manakala dalam perperangan ini manusia mengalami kekalahan, malapetaka besar akan terjadi karena manusia yang kalah dalam perperangan melawan hawa nafsu itu akan mengalihkan penuhanan kepada Allah Swt.
Sebagai tuhan yang benar kepada hawa nafsu yang cenderung mengarahkan manusia pada kesesatan. Allah memerintahkan kita memperhatikan masalah ini dalam firmannya yang Artinya: Maka pernahkan kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsu sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesatlah berdasarkan ilmunya {QS 45:23}.
Dengan ibadah puasa,maka manusia akan berhasil mengendalikan hawa nafsunya yang membuat jiwanya menjadi kuat, bahkan dengan demikian, manusia akan memperoleh derajat yang tinggi seperti layaknya malaikat yang suci dan ini akan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu-pintu langit hingga di ampuni segala dosa-dosanya.
Rasulullah Saw bersabda yang artinya ada tiga golongan orang yang tidak tolak di antaranya mereka orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi. {HR. Tirmidzi}.

2. Mendidik kemauaan
   Puasa mendidik seseorang untuk memiliki kemauaan yang sunguh-sunguh dalam kebaikan, meskipun itu melaksanakan kebaikan itu terhalang oleh berbagai kendala.
Puasa yang baik akan membuat seseorang terus mempertahankan keinginannya yang baik, meskipun peluang untuk menyimpang begitu besar. 
Karena itu, Rusullulah Saw menyatakan puasa itu setengah dari kesabaran.
Dalam kaitan ini, maka puasa akan membuat kekuatan rohani seorang muslim semakin prima.
Kekuatan rohani yang prima akan membuat seseorang tidak lupa diri meskipun telah mencapai keberhasilan atau kenikmatan duniawi yang sangat besar, dan kekuatan rohani juga akan membuat seseorang muslim tidak akan putus asa meskipun penderitaan yang dialami sangat sulit.

3. Menyehatkan badan
   Di samping kesehatan dan kekuatan rohani, puasa yang baik dan benar juga akan memberikan pengaruh positif berupa kesehatan jasmani.
Hal ini tidak hanya di nyatakan oleh Rasulullah Saw, tetapi juga di buktikan oleh para dokter atau ahli-ahli kesehatan dunia yang membuat kita tidak perlu meragukannya lagi.
Mereka berkesimpulan bahwa pada saat-saat tertentu, perut memang harus di istirahatkan dari berkeja memperoses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus di istirahatkan, apalagidi dalam islam, isi perut kita memang harus di bagi tiga, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga lagi untuk udara.

4. Mengenal nilai kenikmatan
    Dalam hidup ini, sebenarnya sudah begitu banyak kenikmatan yang sudah Allah berikan kepada manusia, tapi banyak pula manusia yang tidak pandai mensyukurinya.
Dapat satu tidak terasa nikmat karena menginginkan dua, dapat dua tidak terasa nikmat karena menginginkan tiga dan begitulah seterusnya padahal kalau manusia mau memperhatikan dan merenungi, apa yang di perolehnya sebenarnya sudah sangat menyenangkan karena begitu banyak orang yang memperoleh sesuatu tidak lebih banyak atau tidak lebih mudah dari apa yang kita peroleh.
Maka dengan puasa, manusia bukan hanya di suruh memperhatikan dan merenugi tentang kenikmatan yang sudah diperolehnya, tapi juga disuruh merasakan langsung betapa besar sebenarnya nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita.
Hal ini karena baru beberapa jam saja kita tidak makan dan minum sudah terasa begitu penderitaan yang kita alami dan pada saat kita buka puasa terasa betul besarnya nikmat dari Allah yang di berikan kepada kita meskipun hanya berupa kurma dan air putih.
Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak, baik dari segi jumlah maupun dari segi rasanya Allah berfirman dalam artinya: Barang siapa yang mensyukuri nikmatku maka akan aku tambah nikmatku dan barang siapa yang tidak mensyukuri nikmatku maka tunggu azabku amatlah sangat pedih. {QS.14:7}.

5. Mengingat dan merasakan penderitaan orang lain
   Merasakan lapar dan haus juga memberikan pengalaman bagi kita bagaimana beratnya penderitaan yang di rasakan orang lain.
Sebab pengalaman lapar yang haus yang pernah kita rasakan akan segera berakhir hanya dengan beberapa jam sementara [penderitaan orang lain entah kapan akan berakhir.
dari sini mestinya puasa akan menumbuhkan dam memantapkan rasa solidaritas kita kepada kaum muslimin lainya yang mengalami penderitaanyang hingga kita belum dapat teratasi.
Oleh karena itu sebagai simbol rasa solidaritas itu, sebelum ramadhan berakhir kita di wajibkan untuk menunaikan zakat agar dengan demikiaan setahap demi setahap kita dapat mengatasi persoalan-persoalan umat yang menderita, bahkan zakat itu bukan bagi kepentingan orang miskin ataupun penderita, tapi bagi kita juga yang menguarkannya agar dengan demikiaan, hilanglah kotoran jiwa kita yang berkaitan dengan harta seperti gila harta,kikir harta atau sebagainnya.
Allah berfirman yang artinya: ambilah zakat dari sebahagiaan harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mernsucihkan mereka dan mendoakannya untuk mereka sesunguhnya doa meraka itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka dan Allah maha mendengar lagi maha mengatahui. (QS 9:103}.
       
            Sambut dengan gembira
Karena rahasia puasa merupakan sesuatu yang amat penting bagi kita.
Maka sudah pantasnya bagi kita untuk menyambut bulan suci ramadhan tahun ini penuh dengan rasa gembira sehingga kegembiraan kita ini akan membuat kita bisa melaksanakan ibadah ramadhan nanti dengan ringan, meskipun ibadah ramadhan sangat berat.
Dengan ini saya Agus jiddan/Agus salim mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga nantinya ibadah kita di bulan ramadhan ini di terima Oleh Allah SWT.
Amiiiin.................


                                                ,,,,,,,,,,Jazakumullah Alaikum,,,,,,,,,,,,, 

 

No comments: