animasi-bergerak-agama-religi-0150 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025 animasi-bergerak-selamat-datang-0025

Saturday, April 21, 2012

Ketika Anak Terjebak Narkoba


pergaulan remaja saat ini semakin mengkhawatirkan, terutama soal ancaman narkoba.
Banyak orangtua ketar-ketir. Apa saja penyebabnya lalu bagaimana cara mengatasi anak agar 
keluar dari jeratan narkoba?
Banyak sebab kenapa anak bisa terjebak, baik langsung maupun tidak.
Salah satunya, karena ketidak harmonisan keluarga hingga kurangnya perhatiaan orangtua yang
terlalu sibuk dengan pekerjaan.
Akibatnya, anak merasa tidak di sayangi, tidak di hargai, sendiri, bahkan merasa tersisih di rumahnya sendiri.
Penyebab lainya adalah karena pengaruh negatif lingkungan di sekitar anak.
Anak, dengan kata lain, berada di dalam energi yang buruk, dikeliling tipu daya dan bujuk rayu teman-temannya untuk memakai narkoba.
Nah, jika orangtua tidak mengevaluasi dan mengontrol aktivitas anak, maka dengan mudah si anak terjerumus ke dalam narkoba.
Di sisi lain, anak kadang juga ingin "coba-coba" sesuai perkembangan mentalnya sebagai anak remaja. Ditambah dengan keingintahuaan yang besar, ingin di anggap hebat, ingin menunjukan rasa setia kawan kepada teman-temannya atau bahkan rasa kecewa dan kesal terhadap keadaan.
Semua itu bisa mendorong anak memakai narkoba, adalah wajar jika orangtua marah, kecewa, bahkan frustasi. Tapi sebagai orangtua, seyogianya anda harus tetap bijak dan tenang, dengan terus melakukan evaluasi dan introspeksi sebelum memvonis sang anak.
   Tips Menghadapi Anak Terkena Narkoba.
1. Bekali anak sejak dini dengan ilmu agama.
2. Isi kegiatan anak bersama keluarga dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.
3. Berikan perhatiaan yang cukup kepada anak.
4. Bersikap tenang,objektif,kendalikan emosi,dan bersikap tegas
5. Bertindak sportif dan tidak menimpakan seluruh kesalahan pada anak.
6. Ubah pandangan penyalagunaan narkoba, jika sebelumnya di anggap sebagai aib besar -
    yang harus di tutupi menjadi sebuah kejadiaan yang harus di cegah dan di tanggulangi.
7. Bangkitkan kesadaran dan kemauan anak untuk pulih.
8 Arahkan anak pada kegiatan positif yang membangun harga dirinya.

Bangkitkan kesadaran
Jika menghadapi kenyataan anak terjebak narkoba, saran klasik yang harus di dengar dan di lakukan adalah terus bersikap tenang dan sabar, terus berusaha objektif dan berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah.
Kenapa? Karena marah yang berlebihaan tidaklah ada gunanya.
Kemarahan orangtua dengan memojokkan dan menghakimi anak yang terjebak narkoba, biasanya tidak mempan, sekaligus tidak akan mengubah kenyataan yang telah terjadi.
Marah sebaliknya, reaksi emosional yang berlebihan dapat membuat anak semakin terpuruk
dalam penyalagunaan narkoba.
Di sini, persoalan utamanya adalah anak harus segera di tangani dengan baik, karena dia
membutuhkan pertolongan segera. Selain itu percayalah, ketika anak terjebak narkoba, ia
sebenarnya sangat membutuhkan dukungan, pertolongan, dan pemahaman penuh dari keluarga
Jadi, lakukan perbincangan yang empati untuk membangkitkan kesadarandirinya.
Rasanglah kemauan dari dalam dirinya untuk mengubah diri dan menata hidupnya kembali.
Bangkitkan semangat dan motivasi dirinya, bahwa hidupnya masih punya arti dan masih 
bamyak hal yang masih bisa di kerjakan.


 

Friday, April 13, 2012

MEMULAI DENGAN CEPAT PROSES BERPIKIR

kadang-kadang saya menemukan diri saya berada dalam situasi di mana pikiran seluruhnya di jejali dengan informasi, tetapi saya tidak berpikir secara mental.
Bahan bakar di isikan dalam tangki, kunci terdapat dalam lubang kunci dan telah di putar, tetapi mesin tidak bekerja.Beberapa hubungan yang penting untuk menghidupkan pikiran tersebut.
Nah inilah perumpamaan dalam berpikir untuk menyelesaikan beberapa tindakan yang terdapat di dalam pikiran. Sebagaimana saya dapat menyelesaikan hubungan distrik yang hilang dan memanaskan mesin dengan menghidupkan kereta, di sinilah pola pikir saya dapat memberikan suatu tunjangan terhadap diri saya yang bisa memcebloskan pikiran dalam kehidupan.
Ada beberapa langka mental yang menjamin kekuatan otak agar pikiran selalu mengalir.
Masing-masing akan memanaskan pikiran, meskipun pikiran sedang kosong atau produktif.
    1. Hentikan keadaan mental statis: Maksudnya hambatan terbesar untuk mulai berpikir adalah
                                                               berpikir. Biasanya otak tidak diisi dengan ratusan pikiran 
                                                               berganti-ganti. Itulah tindakan yang di alami pada keadaa
                                                               mental statis.

   2. Fokuskan pada subjek                : Saya dapat memerintahkan pikiran untuk memfokuskan
                                                               perhatiaan.Perintah di berikan beberapa menit sebelum
                                                               mereka bekerja.Tetapi berusaha dengan sunguh-sunguh
                                                               untuk menekankan fakta pada pikiran saya bahwa saya
                                                               ingin memikirkan tentang statistik apartemen pendidikan.

  3. Tanyakan apa yg anda rasakan  : Jika mengalami kesulitan untuk mulai berpikir,mulailah
                                                              dengan merasakan.Orang sering mengosongkan pikirannya
                                                              ketika harus duduk dan mengerjakan proses berpikir yang
                                                              "serius" Tanyakan kepada diri apa yang di rasakan tentang
                                                               hal itu,meskipun itu kebosanan.hal inilah yang akan-
                                                               menimbulkan dialog mental dalam batin. 

 4.  Tanyakan apa yang di pikirkan: Jika begitu membutuhkan buah pikiran untuk bergabung
                                                             tetapi tidak terjadi sesuatu,mundurlah sedikit.jangan
                                                             memikirkan subjek tersebut.tanyakan kepada diri sendiri
                                                             apa yang di pikirkan tentang subjek tersebut.
                                                              

  5. pikiran tentang apa saja sepanjang waktu: Dalam proses berpikir dapat di rasakan
                                                                              bahwasanya berpikir merupakan kebiasaan
                                                                              dan dapat di rasakan. Yaitu maksudnya berpikir
                                                                              dapat mengubah tindakan yang sebelumnya tahu
                                                                              untuk melakukan sesuatu yang di perbuat.
                                                                              Selain itu,seperti di tunjukan oleh peneliti
                                                                              psikolog, Eric klinger,berpikir yang terus bekerja
                                                                              sering membawa bagi masalah yang sulit. 

             BERPIKIR LOGIS 

Berpikir logis tampak sangat sulit,seperti apa yang di pikirkan oleh Agus jiddan dan sahabatnya
Berpikir logis seakan-akan memerlukan pola pikir yang sangat jenius,yang penuh rasa kepribadiaan yang mempunyai mental yang tinggi.Sesunguhnya berpikir logis sangat mudah sehingga anak-anak pun dapat melakukanya seperti halnya berpikir terstruktur,ini adalah proses mental yang di alami beberapa kali setiap hari.
Berpikir logis tidak lebih rumit atau menggangu proses mengajukan pertanyaan pada diri sendiri segala sesuatu dan berusaha untuk mencapai jawaban yang masuk akal.
Jika berhenti memikirnya,unsur-unsur akan mencakup apakah jawaban sesuai dengan fakta.
Jadi itulah yang menjadikan "masuk akal" anda sudah mengatahuinya secara intuitif.
Yaitu,sesuatu yang di putuskan untuk diri sendiri dalam setiap kehidupan,nah itulah proses berpikir secara logis untuk mencakup beberapa nilai yang memerlukan pola pikir yang sangat luas.Jadi sekarang banyak para siswa yang tidak dapat memberikan pola pikiran yang logis untuk menggapai segala sesuatu yang dapat di rasakan pada diri sendiri.
Jadi pola pikir siswa harus di tingkatkan lebih baik lagi untuk mencapai pola pikir yang jenius.
seseorang tokoh pendidikan mengatakan bahwasanya pikiran yang di alami siswa dapat berubah
ketika menggunakan pola pikiran yang selalu mendekati pada keperibadiaan.
Jadi kesimpulan bahwasanya pola pikiran yang logis dapat membawa siswa lebih dewasa dan untuk mencapai pribadi yang lebih sederhana dalam pola pikir.
Satu-satunya perbedaan dari situasi berpikir terstuktur seperti menghadapi masalah,menganalisa nilai-nilai keperibadiaan diri untuk menggapai jaringan yang sangat sederhana.
oleh karena itu anda menjadi bingung dan menganggap otak anda kurang tajam,panik,dan karena tidak mengatahui dari mana memulai atau bahwa itu adalah hal yang dapat di kerjakan dengan muda,anda mungkin ingin,yakin bahwa usaha mental anda di bawah standard dan setiap orang di sekitar menyadari betapa tumpul otak anda.
Tapi,anda dapat mengubah situasi tersebut dengan cara instinktif menjadi pikiran yang unggul dan logis. Dengan tenang dan mengarahkan kemampuaan alamiah pikiran anda. 

          BERPIKIR INDUKTIF
Seseorang siswa harus berpikir secara induktif sepanjang waktu agar bisa mengamati dunia fakta
item,atau situasi.Contoh daripada itu siswa harus pandai menggunakan pola pikir yang dapat membawa dirinya lebih maju,dan memberikan peluang untuk masa depanya nanti.
Jadi adalah salah satu kekurangan dari berpikir induktif yaitu ketika pengamatan atau fakta itu salah,kurang lengkap dan juga asumsipun menjadi salah.
Maksudnya disini yaitu seseorang siswa yang dapat mengendalikan dirinya,tetapi kurang mengoptimalkan kebenaranya untuk menghambat pola pikiran yang secara logis.
Jadi berpikir induktif melibatkan fakta pada keyakinan yang dapat mencapai dan menguji beberapa langkah yaitu:
      1. kosentrasi
      2. membuat asumsi
      3. menguji asumsi
Jadi langkah-langkah pengoptimalan kekuatan pikiran di tegaskan pada seseorang siswa yang kurang dalam berpikir dengan cara induktif. Oleh karena itu seseorang siswa dapat menerapkan dengan pola berpikir induktif melalui dengan penulisan laporan tentang keperibadiaan diri
seseorang siswa dapat memberikan keutamaan yang dapat mengikuti gerakan dengan tujuan kemajuaan antara nilai kepribadiaan seseorang.

          BERPIKIR DEDUKTIF
Seseorang siswa bukan hanya berpikir secara induktif melainkan dapat juga berpikir secara deduktif. Salah satu pikiran secara deduktif yaitu ketika seseorang memutuskan bahwa bank adalah tempat bekerja dan seharusnya lebih ketat memuluskan permohonan kredit bagi seorang siswa.
Berpikir deduktif lawan dari berpikir induktif. Sebagai ganti mengumpulkan data dan kemudiaan membuat generalisasi,berpikir induktif dari ujung yang berbeda.
Seseorang siswa mungkin tidak menyadari bahwa berpikiran secara deduktif dapat menjelaskan di balik deduksi sederhana yang membawa tiga fisik penting,yang mewakili langkah-langkah dasar dalam proses berpikir yaitu:
       1. premis besar atau generalisasi
       2. premis kecil atau generalisasi 
       3. kesimpulan atau deduksi
berpikir deduktif mengandung kekurangan yang sama dengan berpikir induktif.
berpikir deduktif bekerja dengan baik jika premisnya tepat.
Jika tidak,maka kesimpulannya akan salah. Contoh seorang siswa mungkin mengalami proses belajarnya kurang aktif untuk menimbulkan nilai pembelajaranya yang lebih baik.
Seperti halnya berpikir induktif semua kesimpulan yang di capai melalui berpikir deduktif harus
di uji.di periksa ulang dan ganti.

Wednesday, April 11, 2012

Moral Bernegara

Agama dan moralitas merupakan kesatuaan yang tak dapat terpisahkan dalam sebuah negara.
One body unity. Moralitas atau sering di sebut etos, merupakan sikap manusia yang berkenaan dengan hukum.
Menurut pakar pendidikan Zakiah darajat, moral berasal dari kata bahasa latin mores, yang artinya kebiasaan atau adat kebiasaan.
Dan kebiasaan yang baik, hendaknya selalu menyelaraskan dengan kehidupan umum dan universal
Suatu tindakan yang baik, secara moral merupakan tindakan kebebasan manusia menginformasikan nilai etis objektif dan yang mengafirmasi hukum moral.
Moral yang buruk merupakan sesuatu yang bertentangan dengan nilai etis dan hukum moral.
Akhir-akhir ini dunia di goncang isu-isu diskriminasi agama.
Agama menjadi menjadi permainan otoritas negara, bahkan di dunia barat agama dinafikan sebagai tolak ukur akhlak dan moralitas.
Bagi mereka, Agama adalah kenistan yang hanya akan melahirkan kekacauan dalam negara.
Dan tidak ada moral agama di balik sebuah kemjuan suatu negara.
Negara maju hanya berkat tangan manusia sendiri. Ide ini sangat bertolak belakang dengan pemikiran Imam al-Ghazali (Dalam Al-Iqtishad fi al-I'tiqa,hal.199).
yang menyatakan "....agama dan kekuasaan adalah dua saudara kembar.....agama adalah pondasi (asas), dan kekuasaan adalah penjaganya. Segala sesuatu yang tidak berpondasi, niscaya akan roboh. Dan segala sesuatu yang tidak berpenjaga niscaya akan lenyap.
Sebuah agama, imbuh al-Ghazali,moralitas dan kehidupan sosial, akan terjaga bila kekuasaan dalam suatu negara berpihak teguh kepada nilai-nilai agama.
Dan menurut para ulama,moralitas dan kehidupan sosial merupakan suatu kesatuaan yang harus saling berdampingan. Sebab, negara adalah kekuasaan. Apabila agama di jauhkan dari kekuasaan, maka maslahat tak akan pernah tergapai.
Hal ini senada dengan konsep pemikiran Ibnu Tamiyah ( dalam majmu' al-fatwa,juz 28) yang menuturkan " jika kekuasaan terpisah dari agama, atau jika agama terpisah dari kekuasaan niscaya keadaan manusia akan rusak.
Menurutnya, moral dan kehidupan sosial dalam beragama,akan berjalan sempurna dengan adanya kekuasaan yang dijalankan oleh rakyat dengan asas hukum islam (QS an-Nisa' :65, dan al- Ma'idah 50)

  Kapitalisme

Perseteruaan yng terjadi di banyak negara, khususnya negara-negara barat, salah satu pemicunya adalah faktor ketamakan duniawi atau ketamakan terhadap ekonomi (economic greed). Negara-negara barat menjadikan ekonomi sebagai akar berkembangnya negara.
Apapun akan di lakukan dan di korbankan untuk memajukan perekonomianya.
Strategi politik ekonomi di mainkan dengan sistem kapitalis untuk menjadikan kekuasaan dan kemajuaan berpihak kepada negara barat. Hans morgenthau, pakar hubungan international mengatakan, " politik internasional seperti semua politik, adalah perjuangan demi kekuasaan.
Apapun tujuan akhir politik internasional, kekuasaan merupakan tujuaan yang selalu di dahulukan. Ini menjadi doktrin bagi masyarakat atau negara untuk melakukan apapun demi kekuasaan, jika perlu dengan perang. Aspek moral pun tidak di hiraukan. Inilah yang terjadi ketika imprealisme barat menghujam dunia islam.
Dengan ketamakanya terhadap aspek-aspek kenikmatan dunia, agama tak lagi di pedulikan.
Moralitas dalam bernegara tak lagi mengacu kepada moralitas agama (religious morality, malah negara yang di jadikan sebagai acuan publik sebagai moral dan etika bernegara (state ethics).
Hasilnya, peran agama sangat penting pada peraturan negara (state regulations), dan musuh-musuh agama pun mudah memperlihatkan "taring" mereka untuk mengkikis kehidupan beragama.Karena agama bagi masyarakat barat merupakan belenggu yang meresahkan dan membatasi kebebasan manusia,maklumlah jika kemudiaan agama mereka jadikan sekedar simbol promosi kebaikan dan keburukan.
Moralitas dan sosialitas dalam bernegara pun menjadi "tabu" bagi barat. Negara-negara eropa, telah merapkan banyak peraturan dan perundang-undangan bagi pemeluk agama di negara mereka tapi semuanya jauh dari nilai-nilai keagamaan yang sesungguhnya.
  

Thursday, April 5, 2012

Lesbianisme bagi Feminis

Sebagai sebuah gerakan, feminisme telah ter"peti-es"kan sekitar tahun 1960-an di barat.
Ada banyak aliran feminisme. Di antara yang paling keras adalah feminis radikal,lesbian dan feminis anarchis.
Yang akan kita kupas lebih jauh adalah feminis lesbian.Aliran ini di samping menganut mahzab pertikaian antara pria dan wanita,juga menjadi kendaraan hegemoni kultur dan prioritas kerja lembaga donor.
Di antara frioritas tersebut adanya keluhan donatur mengenai pertambahaan jumlah penduduk dunia> Kemudiaan atas nama pertikaian pria-wanita  dan sprit menggencet peningkatan jumlah penduduk dunia,maka lesbianisme pun di setujui sebagai salah satu solusinya.

   Prinsip pertikaian
Paradigma feminisme barat di bangun dari semangat terhadap dakwaan injil yang memvonis hawa sebagai penyebab di keluarkannya nabi adam dari surga.Sebuah dakwaan yang telah dikritik oleh al-Qur'an dengan tegas (QS al-A'raf/7:19-25,dan Thaha/20:115-121).
Dalam kitab perjanjiaan lama di sebutkan : "Sesungguhnya ia adalah wanita yang engkau jadikan bersamaku,ia yang telah memberiku buah dari pohon itu maka aku memekannya."(kejadian 12:3)
Perintis aliran eksistensialisme sekaligus ideologi gerakan feminisme simone de Bouavior (1908-1986),mempertajam semangat ini dengan mengatakan:"selanjutnya agama berubah menjadi musuh perempuaan akibat penafsiran-penafsiran patriarkis terhadap agama."
(Muhammad Imarah,meluruskansan salah paham barat atas islam, sajadah press, 2007)
Berbeda dengan Bouavior,musdah mulia merajuk pendapat ibn Arabi yang mensyaratkan keharusan menjadi perempuaan untuk menjadi seorang sufi sejati.
Sebab menurutnya "tuhan lebih feminin."
Logikanya,tuhan memiliki seratus sifat yang di sebut al-asma' al-husna,yang terbagi menjadi sifat jalaliyah dan jamaliyah.
Lanjut Musda,kategori pertama identik dengan sifat maskulin. Sedang kategori kedua identik dengan sifat feminin. Sifat jamaliyyah tuhan berbanding lima kali lipat dengan sifat jalaliyyah-nya.
( Nelly Van Doorn Harder,menimbang tafsir perempuaan terhadap al-Qur'an pustaka percik,2008).Di amerika sebagai manifestasi doktrin-doktrin filosofi feminisme yang mengadopsi prinsip pertikaian pria-wanita,di bentuklah sebuah organisasi perempuaan bernama "Gerakan pemotongan alat kelamin laki-laki."Bagi mereka kaum laki-laki telah mati.
Sebagai solusi atas kebutuhan seksual,mereka pun menyerukan praktik lesbianisme.
Di negeri itu saja,60% gerakan organisasi perempuaan menganut lisbianisme.
( Muhammad Imarah,meluruskan salah paham barat atas islam,sajadah press,2007)
Charlotte Bunch,sebagimana di kutif Triana Ahdiati ( gerakan feminis lesbian,kreasi wacana,2007) mengatakan :"para lesbian harus menjadi feminis dan berjuang melawan penindasan perempuaan,sebagaimana para feminis harus menjadi lesbian jika mereka ingin mengakhiri supremasi laki-laki."
Di indonesia,gerakan kawin sesama jenis,entah itu berbentuk lesbi maupun homo,telah menjadi isu dan gaya hidup yang kasat mata.
Misalnya,wacana paling vulgar melegitimasi kecenderungan ini datang dari gerombolan anak-anak IAIN walisongo semarang.
Menurut mereka (jurnal justisia,Edisi 25 tahun XI 2004)," hanya orang primitif saja yang melihat perkawinan sejenis sebagai sesuatu  yang abnormal dan berbahaya.
Bagi kami,tiada alasan kuat bagi siapapun dengan dalih apapun untuk melarang perkawinan sejenis.Sebab,tuhan pun sudah maklum,bahwa proyeknya menciptakan manusia sudah berhasil bahkan kebablasan.
Sungguh ironis dalam literatur fikih islam,tak ada sesorang ulama pun menyatakan halalnya perbuatan sangat tercelah itu.
Mereka justru telah berijma' mengharamkan perkawinan sesama jenis (Al-Mawardi,Al-Hawi al-kabir fi fiqhi. 

    Legalisasi
Khulud al-Misyari,seseorang peneliti perempuaan palestina,saat menilai beberapa misi lembaga Swadya masyarakat (LSM) international menyatakan ,"prioritas gerakan-gerakan feminisme yang didani,tak jauh berbeda dengan prioritas -prioritas dan budaya negara donatur,dan ini semata demi mengalirnya bantuan dana."
( Muhammad Imarah,meluruskan salah paham barat atas islam,sajadah press,2007).
Presiden Bank dunia , Robert Mc Namara pernah mengatakan "perkembangan penduduk adalah isu yang sangat besar yang di hadapi oleh dunia pada tahun-tahun mendatang,sebuah dunia dengan penghuni 10 juta manusia bukanlah dunia yang ingin kita tinggali....
Ada dua cara yang mengyakinkan kondisi dunia seperti itu dapat di cegah.
Apakah dengan menurunkan tingkat kelahiran dengan sangat cepat atau menaikan tingkat kematiaan."( jerry D Gray,Deadly Mist: upaya amerika merusak kesehatan manusia,sinergi publishing,2009).
Dua cara ini telah lama berjalan. Baik dengan melegalisasi praktik aborsi atau pula kampanye homoseksual dan gerakan lesbianisme. Di barat,model dan teknik aborsi kini telah kian bervariasi sesuai permintaan.Dari tehnik aborsi klasik hingga modren.
Syarif Hasyim ( tubuh seksualitas,dan kedaulatan perempuaan: Bunga rampai pemikiran ulama muda,LKiS, 2002) menganggap bahwa di antara penyebab seseorang menjadi lesbian adalah solusi dari ketidak keseimbangan hidup.
Tapi berbeda dengan komentar anak-anak IAIN walisongo semarang yang lebih berani berkomentar dalam kata penghantar redaksi jurnal fakultas syari'ah mereka.
kami justru melihat perkawinan sejenis (di samping aspek nurani dan hasrat si homo)
juga bisa menjadi solusi alternatif bagi upaya penanggulangan meledaknya pertumbuhan penduduk dunia .
Sangat patut dikritis,bahwa solusi untuk pengaturan jumlah kelahiran tak boleh menghalalkan segala cara.
Apalagi mengabaikan aspek syariat. Dalam islam pengaturan jumlah kelahiran bisa di tempuh melalui 'azl sepanjang terjadinya kesepakatan antara suami-istri.
Namun islam lebih banyak mengajarkan kaum muslimin memiliki banyak keturunan. 

Wednesday, April 4, 2012

Matematika usia manusia


Pelajaran matematika,dari perjumlahan,pengurangan,perkaliaan,dan pembagian,telah di pelajari sejak usia sekolah dasar.Semakin tinggi kelas,atau semakin dewasa usia kita,pelajaran berhitung akan semakin rumit.Tapi tahukah anda bahwa ada hal-hal lain yang perlu di hitung dengan cara berbeda?
Ya,umur manusia adalah salah satunya.Menurut haris islam,motivator Dinar Coach International
menghitung umur manusia sangatlah penting di lakukan untuk mengatahui sejauh mana amal yang telah dikerjakan.
Haris membuat perhitungan untuk mengatahui apakah manusia menggunakan usianya secara efektif untuk beramal saleh atau disia-siakan.
Dengan perhitungan itu akan di ketahui bagaimana catatan amal manusia.Matematika usia manusia bukan sekedar ilmu untuk mengatahui berapa usia manusia,tapi juga untuk muhasabah agar amal perbuatan lebih meningkat.
Sebelum mengatahui "usia manusia",harus di ketahui telebih dahulu usia mukalafnya.
Usia mukalaf adalah usia Baligh,atau batas usia seseorang di kenakan hukum agama serta wajib melaksanakan perintah dan larangan-nya.
Usia Baligh ini di tandai dengan adanya mimpi (pada laki-laki) dan haid (pada perempuan).
Biasanya anak laki-laki 15 tahun dan anak perempuan 10 tahun.
Rumus efektivitas usia manusia menurut Haris sebagai berikut:
          Usia manusia (um)-Awal Baligh (AB)
            -Usia tidur (UT)= Amal/efektif
              UM adalah usia manusia saat ini.
              AB adalah awal manusia mulai menerima tanda baligh (mimpi/haid)
              UT adalah waktu tidur manusia ( 8 jam perhari)=Amal/Efektif

Sebagai contoh,usia anda saat ini 40 tahun.Maka,40 -15 - 8 = 17. Dari hasil ini dapat di ketahui bahwa pada usia 40 tahun,ternyata belum ada 50% dari usia itu tercatat sebagai Amal.
Artinya,masih lebih banyak usia yang di gunakan untuk keperluan lain ketimbang menjadi amal
Perhitungan Matematika usia juga bisa menggunakan neraca perhitungan usia manusia berdasarkan satuaan waktu.
Melalui neraca waktu ini,pada usia 40 tahun manusia telah menggunakan usianya sekitar 14.600 perhari,atau 350.400 jam,atau 21.024.000 menit,atau 1.261.400.000 detik.
Sebuah masa yang sangat panjang untuk di lalui.
Masih menurut Haris,jika manusia di perlihatkan catatan amalnya selama ribuan detik itu,mungkin ia akan terkejut karena selama ini hanya sedikit waktu yang di gunakan untuk menanam kebaikan.Alangkah ruginya manusia karena sering menuruti kesenangan duniawi.
"Padahal kesempatan itu sudah ada jutaan detik.
Apakah kita pantas masuk surga?"ujarnay 

       Usia 40 

Sulit membedakam apakah usia manusia terus bertambah atau berkurang.Jika mengikuti siklus pertumbuhan, semakin dewasa seseorang, usianya semakin bertambah.Tapi hakikat bertambahnya usia adalah berkurangnya waktu di dunia.
Cepat atau lambat,masa tua akan datang. Seperti di jelaskan dalam sebuah Hadist bahwa segala penyakit pasti ada obatnya kecuali penyakit tua.
Dalam kaitan ini Allah mengingatkan manusia yang berusia 40 tahun (QS al-Ahqaf: 15) agar mensyukuri nikmat Allah dan selalu berbuat baik.
Menurut Robi kurniawan, dosen dan mubaligh,dalam tulisanya Angka 40 dalam  al-Qur'an, peringatan itu akan semakin di rasakan seiring meningkatnya beban hidup seseorang (orangtua),baik terjadi karena mulai memiliki anak-anak yang dalam tingkat menuju kedewasaan,harus mendidik anak,memikul beban-beban biaya,bahkan kewalahan menghadapi perubahan prilaku anak.
Pada usia 40 tahun manusia harus sadar bahwa semua hal yang di perbuat pada orangtuanya akan kembali pada dirinya.
"Teramat buruk kiranya jika setelah memasuki umur 40 tahun,manusia masih tetap saja tidak bisa menghargai orang lain.


Tuesday, April 3, 2012

Perhiasan abadi

                         " pada setiap sesuatu ada perhiasan yang hakiki dan sebaik-baiknya                                         perhiasan manusia adalah kesempurnaan adab"

Di dunia ini,segala sesuatu pasti memiliki fitrah perhiasan.Begitu pula pada manusia.
Setiap individu pasti memiliki perhiasan.Tapi sebaik-baiknya perhiasan adalah manusia kesempurnaan adap (kesopanan) dan akhlak,atau sifat-sifat yang terpuji dan mulia.
Dalam penciptaan alam semesta, Allah SWT telah memberi aneka perhiasan pada masing-masing makhluk-nya. Langit terlihat indah dengan kilau bintangnya saat malam menjelang,lautan begitu indah berkat desiran ombak biru dan warna satwa di dalamnya,gunung pun indah di kelilingi awan putih, tanah juga menjadi indah lantaran hamparan sawah dan tetumbuhan nan hijau.
Itulah fitrah makhluk.Dan manusia menjadi makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dengan fitrah keindahan,yang membuatnya mulia dan terhormat di hadapan manusia lain.
Menurut kahlil Gibran,keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwa.
Sementara menurut filosof jerman Baumgarten,keindahaan adalah kesempurnaan yang ada pada alam.Keseimbangan,kesimpulannya,keindahan adalah segala sesuatu yang menarik jiwa dan sempurna secara alami.
Lalu,apakah harta benda adalah perhiasan yang sesungguhnya bagi manusia? apakah indahnya wajah,kehormatan status sosial,atau kejeniusan otak adalah perhiasanya? bukan!
Harta tak akan membuat manusia mulia.Ia bisa datang dan pergi dalam sekejap.
Saat kita memilikinya,mungkin orang lain akan memuliakan dan menghormati kita,jika habis?
Indahnya rupa juga sementara,yang terjadi di saat usia mudah saja.Seiring bertambahnya usia,keelokan rupa manusiawi akan pudar.Lantas,mungkinkankah orang akan terus memuliakan kita karena keindahan rupa untuk selamanya ?
Begitu pula perhiasan status sosial.Ketika kita di percaya menjadi abdi/pejabat pemerintahaan,selayaknya masyarakat akan menghormati.
Tapi,jika masa jabatan atau status terhormat itu berakhir,bisa jadi selesai pula penghormatan masyarakat kepada kita.
Senada dengan itu,kejeniusan otak yang sangat sering di kagumi banyak orang,tentu akan membuat pemiliknya sangat di hargai dan di hormati.
Tapi bagaimana jika kejeniusan itu justru di gunakan untuk hal-hal negatif  yang merusak tatanan masyarakat,seperti menipu,memanipulasi data,membobol rahasia negara dan sebagainya? pasti kejeniusan itu akan menghinakan dan di benci masyarakat.
Maka tak ada perhiasan diri yang lebih indah dari pada adab.
( Likulli syai'in zinatun fil-wara, wa zinatul-mar'i tamamul-adab)
Pada setiap sesuatu ada perhiasan yang hakiki dan fitrah,dan sebaik-baiknya perhiasan adalah kesempurnaan adab.
Agar hidup menjadi sempurna,benar-benar mulia dan di hormati,marilah meneladani adab sopan santun dan akhlak mulia rasulullah SAW .
Allah berfirman  dalam surat (al-Qalam ayat 68: 5) 
 

Artinya "Sesungguhnya engkau benar2 memiliki akhlak luhur

Monday, April 2, 2012

Jujur Bermasyarakat


Sifat iri,dengki,dan dendam,banyak menyakiti masyarakat.Tak sedikit kalangan suka menuduh orang lain dengan "kafir" padahal yang di tuduhkan tidak demikian.
Padahal itu berati membuka rahasia "kafir" dirinya sendiri.
Membuka rahasia atau membicarakan aib orang lain tanpa ada maksud syar'i adalah prilaku dan kelakuaan orang-orang yang kehabisan modal kehormatan dan harga diri.
Karena banyak orang yang tak sadar bahwa masing-masing pribadi pasti mengantongi bahkan bisa menjadi "gudang" aib diri sendiri,yang sewaktu-waktu dapat terbuka. Na'udzubillah!
Dalam alam politik,hal demikiaan paling banyak terjadi.
Baik alam politik kekuasaan,perdagangan,politik sentimen,dan sektor lainya.
Bahkan dalam pergaulan dan hubungan sosial kemasyarakatan pun tidak sepi dari prilaku itu.
Dalam bidang dakwah,pendidikan dan pembinaan umat,hal-hal seperti itu seharusnya tak perlu terjadi.Tapi ego manusia kerap tak terkendali,dan acapkali menggiring pada penyimpangan sikap dari tuntunan akhlak yang mulia.
Unuk memperbaiki sesuatu yang kurang baik,butuh proses.Bukan dengan memburukan bahkan merusak,atau bergabung bersama orang-orang buruk dengan berbagai keburukannya.
Tidak pula dengan keangkuhan,kecongkakan,kesombongan berlagak insan suci atau semacamnya.
Lebih baik tetap bersikap sopan,tawadhdhu' dan rendah hati.
Seseorang dokter atau perawat,tak boleh putus asa lantas ikut menangisi penyakit pasien.
Atau membanding-bandingkan si pasien dengan orang lain yang di anggap lebih sehat.
Begitu juga dai,pendidik,dan pemimpin,tak boleh mencari muka seraya membela orang rusak hanya karena kelemahaan diri sendiri yang tak mampu mencari solusi.
Menjadi guru,jangan ikut-ikut atau turut membiarkan kerusakan kini sudah di anngap sudah wajar di lakukan.
Demikian pula jangan membiarkan seseorang murid puas dalam kebodohannya.
Apalagi membiarkannya karena anggapan bahwa kebodohan sudah menjadi milik umum.
Apakah tidak lebih baik tetap menunjukan kebaikan dan keuntungan menjadi orang tegak,sehat,baik,bebas dari penyakit dan kerusakan? Atau menunjukan mereka bukti untung rugi jika melanggar syariat.
   
     TUGAS BERAT
Beban generasi ini untuk tiadak terkena penyakit moral maupun fisik terlalu berat.
Karena saking besarnya dorongan,kuatnya tarikan,dan gencarnya rayuan miliu yang di ciptakan 
dan di bangun untuk menyesatkan mereka,di tambah nasib kehidupan ekonomi dan masyarakat yang terus menghimpit dan memojokan peran moral dan harga diri manusia.
Kehormatan sudah menjadi barang langka atau "binatang purba" saat ini.
Tugas berat para da'i,pendidik,dan pemimpin adalah membuka kembali ajaran /tuntunan dan sejarah perkembangan islam yang saat ini banyak di tutup-tutupi kalangan barat dari wawasan kaum muslimin.
Keutamaan islam tidak di ajarkan dalam materi pelajaran atau paparan media informasi dan ilmu pengatahuaan mereka,karena ada dendam sejarah panjang perang salib.
Juga ketakutan mereka terhadap bangkitnya kembali islam,sang penyelamat kemanusiaan.
Wajah islam mereka gambarkan dengan prilaku golongan pengaku muslim tapi meninggalkan ajaran islam.
Seakan,itulah islam.tak hanya itu,penafsiran sumber-sumber ajaran islam juga mereka plintir untuk kepentingan pandangkalan dan penyesatan umat islam.
Tokoh-tokoh muslim yang cerdas berkualitas mereka cuci otak dengan polesan dan hiasan teori mengkilat seakan emas,padahal sesunguhnya racun/penyakit yang setiap saat dapat merenggut nyawa islam.
Kebebasan yang merupakan "saudara kandung"kebinatangan,di jadikan pijakan,pegangan dan jalan hidup.Sehingga umat manusia tak ubahnya seperti binatang-binatang modren,siap melakukan kebebasan dan kebinatangannya setiap kali di butuhkan.
Islam terus menjadi arena perebutan hegemoni,pengakuaan,dan superioritas oleh pihak-pihak yang berambisi.Begitulah,pada posisi apapun,di manapun umat islam berada dan pada masa kapanpun,islam pasti tetap di atas.
Unggul dan tidak mungkin di ungguli karena terjaga .
sebab,kelemahaan umat islam bukan berarti salah atau lemahnya ajaran islam.

     KEBOHONGAN POLITIK
Di masa kini banyak kita dapati tokoh-tokoh islam kini banyak yang suka "mencari muka" unjuk simpatik,menghambangkan diri kepada atasan,mengkultus individu dan mengagung-agungkannya.
Padahal itu semua terbilang perbuatan syrik,sebab,memuji berlebihan,ta'ajjub kepada prestasi orang lain,bukanlah perbuatan baik.Justru akan mengurangi bobot kualitas kematangan dan ketokohaan seseorang.
Mencari muka hanya berguna sementara. ketika masi royal,akan terasa manis di pandang,tapi kalau mulai tidak menuruti,akan segera di campakkan,seakan tak pernah di kenal.
Ketika berjasa secara materi,akan di pandang,tapi bila pailit atau bangkrut,pandangan akan di alihkan kepihak lain.
Orang licik yang "mono loyalitas"kepribadiaanya tidak jelas .
Ia bukan memurnikan akidah tauhid,merendah diri,penuh tawaddhu',khusyu'dan menggunakan sang kahliq.Karena itu umat islam harus waspada dan cerdas menilai orang.
Karena saat ini mencari orang yang bisa di percaya.
Banyak kebohongan yang kasat mata,tapi hanya di biarkan tanpa di tindak,karena tak ada yang peduli melaporkan kepada yang berwewenang.Berpolitik bohong,berdagang bohong,di perkantoran bohong,di sekolah dan di kampus bohong,di pusat-pusat perdagangan,di pabrik,bahkan mahkamah pengadilan pun sama saja.
Kalangan tua dan muda juga begitu,antara orangtua,remaja,dan sebagainya juga tak kurang kecenderungan bohongnya.Untunglah umat islam memiliki  tuntunan syari'at  yang bersumber al-qur'an dan sunnah yang tak ada bohong,bahkan ia sanggup membuka ke bohongan besar apalagi kecil.Sang pencipta menjadi sandaran tempat "melapor" yang tiada dusta bagi umat islam yang janjinya selalu di penuhi.

                                                                                            By: Agus jiddan.....

Makna keberkahan hidup


Pada zaman rasulullah SAW  secarah sederhana makna keberkahan adalah:
kalau pada pagi hari kita sudah menunaikan shalat subuh berjama'ah,serta melakukan shalat sunat muakad.
sebab,di situlah kita sudah mulai bersyukur kepada Allah SWT bershalawat kepada junjungan kita muhammad SAW.
keberkahan di sini memiliki makna yang sangat dalam ,bahwa ia muncul dan di mulai sejak awal kehidupan kita hingga akhir kehidupan.
Setiap orang membutuhkan keberkahaan hidup.
tidak pandang umur dan jenis kelamin. 
karena keberkahan adalah kebaikan yang kehadirannya tidak selalu dapat kita pogram dan pastikan.kehadirannya bisa jadi untuk menyelesaikan masalah dan menyelamatkan manusia dari masalah yang dengannya kehidupan menjadi lebih nyaman,damai'mawaddah wa rahmah,dari awal hingga akhir.Sekedar perumpamaan tentang hidup yang penuh berkah, dan ini banyak kita dapati contohnya di sekitar kita.Bisa jadi secara ekonomi harta benda kita terbatas,tapi ternyata kita memiliki keluarga yang tentram dan harmonis.
Meski harta benda tidak banyak ,terasa cukup.
Sebaliknya tanda-tanda tiadanya keberkahaan dalam hidup,dapat kita lihat dari prilaku negatif sehingga tiadanya kebaikan dalam praktik hidup.
Akibatnya banyak harta benda yang kita miliki pun tidak mampu membuat hidup menjadi lebih baik,damai,dan nyaman.
Untuk itu,dengan kesadaran penuh,marilah kita mulai hidup yang penuh keberkahaa.
Insya Allah kita akan berada dalam ridha dan kasih sayang-nya,sehingga hadirlah kehidupan yang sakinah mawaddah wa rohmah.
Ketika hidup kita tidak berkah,maka sudah pasti hidup terasa gersang dan tidak tentram,
Hidup tidak berkah bisa jadi akan memunculkan azab atau balasan di dunia.
Kita bersyukur telah mendapatkan cahaya islam yang hadir tidak hanya dalam bentuk wacana,tapi juga realisasi dalam sosok dan kehadiran Nabi Muhammad SAW.
Beliaulah al-Qur'an berjalan itu.Pengejawantahan yang kongkrit dan paling benar terhadap ajaran islam .
Penerjamahan ini tidak menjadikan kita penuh dengan masalah dan konfli,tetapi justru mengadirkan solusi.
Saat ini,kondisi umat islam mengingatkan kita pada zaman rasulullah,berada dalam suasana yang terus-menerus tersudut.
Dituduh sebagai teroris,dan lain sebagainya.
Tentu saja,semua itu fitnah.Hal yang sama pernah terjadi pada zaman rasululah.
Tapi beliau tidak pernah membalas teror dengan teror.Beliau membalasnya dengan akhlakul karimah.Dan Allah tidak pernah menyi-nyiakan kebaikan hambanya.
Di tengah segala kejadiaan itu,Allah langsung memberikan pertolongan.
Bentuknya adalah peristiwa isra'mi'raj.Inilah posisi di mana Allah berkenan menghadirkan hambanya langsung bertemu tanpa perantara malaikat jibril.
Inilah nikmat yang paling besar dalam kehidupan seorang hamba Allah.
Semua peristiwa itu merupakan balasan atas keistiqomaan dan keikhlasan rasulullah.
Kebaikan yang lain setelah itu yang muncul adalah peristiwa hijrah.
setelah beliau di fitnah,dimusuhi,maka datanglah pertolongan Allah,dan hadirlah masyarakat baru yang membawa kebaikan.
Semoga dengan konsep hidup yang penuh kebaikan dan keberkahan kita akan mudah untuk menjadi umat yang unggul,bertaqwa dan mulia.
Amiiiin.............
                                                                                             By Agus jiddan